APN XL Tercepat 2022 + Cara Setting di Android & iOS

Buat kamu para pengguna Android ataupun iOS yang masih bingung mengenai cara untuk atur APN XL. Nah, sebelumnya apakah kamu udah tau apa itu APN?

Kalau kamu belum tau tentang APN, maka pada pembahasan artikel rumahkeadilan.co.id kali ini akan membagikan informasi seputar APN XL. Tentu saja informasi ini akan sangat berguna untuk kamu yang menggunakan operator tersebut.

Oleh karena itu, ikuti terus pembahasan artikel rumahkeadilan.co.id ini hingga selesai ya, teman-teman.

Maksud Dari APN (Access Point Name)

apn

Mungkin banyak yang masih belum tau ya dengan APN padahal ini adalah salah satu fitur yang ada di dalam perangkat smartphonemu. APN ini sangat berkaitan dengan jaringan internet dan juga kartu seluler yang kamu gunakan di ponselmu.

Seperti yang kita ketahui selama ini kalau setiap ponsel baik itu Android maupun iOS harus memiliki kartu seluler agar bisa terhubung ke internet. Secara adanya koneksi internet ini sangatlah penting karena tanpa itu kamu tidak bisa mengakses apapun yang berhubungan dengan informasi.

Jadi, sebenarnya apa sih APN itu dan fungsi dari alat tersebut itu apa? Simak baik-baik ya penjelasan yang akan admin berikan di dalam artikel ini.

APN merupakan singkatan dari Access Point Name yang pastinya setiap smartphone memiliki alat atau fitur tersebut. Bisa dikatakan APN ini merupakan suatu penghubung antara smartphone yang kamu gunakan dengan operator seluler yang kamu pakai di dalam ponselmu.

Pengunaan APN ini sangat memiliki pengaruh terhadap speed internetmu apakah lemot ataukah cepat. Contohnya APN ini adalah pengaturan yang ada di ponsel untuk menghubungkan PDN sesuai dengan yang diinginkat pengguna, seperti 3G, 4G, atau GSM.

Di dalam APN ini kamu akan menemukan beberapa informasi tertentu yang akan digunakan oleh operator untuk mengambil keputusan. Apakah akan memberikan izin akses internet ke perangkatmu atau tidak.

Kamu harus mengatur APN dan menggunakan yang sesuai dengan jenis operator yang seluler yang dipakai di ponselmu. Dalam hal ini kami akan memberi tau bagaimana caranya untuk mengatur APN XL dan beberapa jenis APN XL yang sangat bagus untuk kamu coba.

Fungsi Dari APN XL Untuk Para Penggunanya

apn-xl

APN ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk para pengguna smartphone dan sangat berhubungan dengan kualitas internetmu. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa APN ini merupakan alat yang menghubungkan perangkat dengan operator yang kamu gunakan, misalnya XL.

Disini kami akan memberikan penjelasan mengenai fungsi dari APN khususnya untuk para pengguna XL. Jika kamu merasa belum pernah menyetting APN sama sekali. Maka lebih ketahui dulu apa sih fungsi sebenarnya dari APN ini.

1. Untuk Membuat Koneksi Internet Lebih Stabil

APN ini memiliki fungsi yang cukup penting karena berpengaruh terhadap kestabilan jaringan internet milikmu. Kalau kamu tidak menggunakan APN dan operator yang benar.

Maka akan berakibat dengan kestabilan dari internetmu dan bisa saja membuat koneksimu ngelag dan sebagainya.

Oleh karena itu, nanti kami akan menjelaskan bagaimana cara setting APN untuk perangkat dan juga kartu seluler yang kamu gunakan. Hal inilah yang harus kamu ketahui mengenai fungsi APN agar tidak hanya sekedar setting saja tanpa tahu maknanya.

2. Mempercepat Jaringan Internet

Selain membuat jaringan internetmu lebih stabil, APN ini juga akan membantumu untuk meningkatkan jaringan internet. Mungkin selama ini kamu sering mengalami lemot atau yang sejenisnya.

Kamu harus cek dulu nih apakah APN yang kamu atur sudah sesuai dengan jaringan atau operator seluler yang kamu pakai. Nah, itulah fungsi umum dari APN ini yang harus kamu ketahui.

Mungkin kamu penasaran apakah APN ini ada satu jenis atau yang lainnya? Berikut ini adalah pembahasan mengenai jenis APN yang ada.

Jenis APN yang Perlu Kamu Ketahui

APN atau Access Poin Name ini memiliki dua jenis, yaitu APN Publik dan juga APN Private. Apa sih bedanya antara APN Publik dan juga APN Private?

Sesuai dengan namanya, APN Publik ini merupakan jaringan yang disediakan oleh opeator dan bisa diakses secara bebas atau terbuka oleh pengguna. APN ini lah yang paling banyak digunakan oleh para pengguna karena cara mendapatkan dan mengaksesnya pun tidak mudah.

Berbeda dengan APN publik, APN Priate ini hanya bisa dihubungkan apabila kamu sudah terhubung ke gateaway dan tidak bisa diakses secara umum.

Setelah kita membahas mengenai pengertian, fungsi, hingga jenis dari Access Point Name. Tibalah saatnya kami akan membahas tentang cara mengatur APN khususnya untuk kamu yang menggunakan perangkat XL.

Cara Mengatur APN XL Untuk Pengguna Android

cara-setting-apn-xl

Setiap perangkat smartphone yang kamu gunakan itu bisa disetting APN nya sesuai dengan operator seluler yang kamu pakai ya. Mungkin selama ini kamu gak pernah merasa pernah menyetting APN ketika menggunakan HP.

Namun, jika akhir-akhir ini kamu merasa jaringan internetmu menjadi lemot dan juga tidak stabil. Mungkin harus tau nih cara mengatur APN XL ini bagaimana. Ingat ya cara yang kami berikan di bawah ini khusus untuk kamu pengguna Android yang memakai operator XL.

  1. Pertama, buka menu “Pengaturan” yang ada di Ponselmu.
  2. Lalu pilih fitur “Koneksi” atau sejenisnya dan klik yang bagian “Jaringan Seluler”.
  3. Setelah itu ketuk bacaan “Nama Poin Akses” atau “Access Point Name”.
  4. Kemudian kamu pilih yang jaringan XL dan klik nama operatornya.
  5. Selanjutnya kamu bisa masuk ke bagian APN dan tuliskan “Send.ee” dan kalau sudah tekan “OK”.
  6. Silahkan klik “Server” dan masukkan alamat IP berukut ini “122.200.254.203”.
  7. Lanjutkan isi bagian MMSC dengan http://mms.emt.ee/servlets/mms.
  8. Dan di menu Proxy MMS masukkan angka berikut “23.95.215.235”.
  9. Jangan lupa untuk di bagian port MMS kamu bisa masukkaangka “3128″.
  10. Isi lagi di bacaan “MNC” dengan angka “11”.
  11. Di bagian jenis autentikasi pilih “PAP” dan “CHAP”.
  12. Dan di menu jenis APN pilih “default, mms, supl”. Lalu pilih IPv4 di menu Protokol APN.

Cara setting APN yang kami beri tahu disini sudah termasuk APN XL yang super cepat jaringan internetnya.

Cara Setting APN XL Di iPhone

cara-mengatur-apn-xl-di-android

Sama seperti Android, pengguna iPhone yang menggunakan operator XL ini juga bisa kok mengatur APN ini di dalam perangkat tersebut. Dan caranya juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya.

Kalau kamu masih bingung maka langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini mengenai cara setting APN XL di dalam perangkat iPhone.

  1. Silahkan masuk ke dalam aplikasi Pengaturan di perangkat iOSmu.
  2. Kemduian cara fitur “Data Seluler” ataupun jaringan.
  3. Klik pilih “Nama Akses Poin” dan klik operator seluler yang kamu gunakan.
  4. Selanjutnya pilihlah yang bagian APN dan tuliskan “Internet” lalu tekan “OK”.

Itu lah langkah-langkkah untuk setting APN XL tercepat dan koneksi auto stabil melalui perangkat smartphone iOS dan Android.

Bagaimana dengan operator seluler yang lainnya? Apakah settingan APNnya sama atau tidak? Penasaran kan? Kamu bisa langsung cari jawabannya di rumahkeadilan.co.id.

Artikel terkait :

Originally posted 2022-09-16 00:21:00.