PERNYATAAN SIKAP RUMAH KEADILAN TERHADAP PENYERANGAN PENYIDIK KPK NOVEL BASWEDAN

Rumahkeadilan.co.id, Malang – Berita tentang aksi penyerangan yang dialami oleh salah satu penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini telah mengejutkan kita semua. Berita penyerangan ini tentu saja menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa upaya pemberantasan korupsi memiliki tantangan yang tidak mudah. Untuk itu kami dari RUMAH KEADILAN mendukung penuh segala upaya pemberantasan Korupsi yang dilakukan oleh KPK dan Penegak Hukum di Indonesia.

Atas tindakan penyerangan terhadap Novel Baswedan tersebut, kami dari RUMAH KEADILAN menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Rumah Keadilan meminta agar Presiden Joko Widodo untuk mengambil sikap terhadap upaya penanggulangan korupsi dan mendukung upaya pengungkapan terhadap tindakan penyerangan Penyidik KPK.
  2. Meminta kepada semua aparat penegak hukum agar bekerja secara ekstra untuk menjerat pelaku dan dalang dari tindakan penyerangan Novel Baswedan sekaligus mengungkap motif dibalik tindakan penyerangan.
  3. Rumah Keadilan mengecam tindakan penyerangan terhadap Novel Baswedan, karena hal ini mengindikasikan terkait dengan kasus besar yang ditangani oleh KPK saat ini dan melibatkan para elit politik dan pejabat di Pemerintahan.
  4. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, organisasi masyarakat sipil, mahasiswa, akademisi dan seluruh warga masyarakat untuk menyuarakan dukungan terhadap upaya pemberantasan korupsi. Korupsi adalah bahaya laten yang telah mengakibatkan kesengsaraan bagi rakyat.
  5. Bahwa tindakan penyerangan terhadap Novel Baswedan adalah salah satu bentuk upaya pelemahan dan ancaman terhadap KPK.

– Rumah Keadilan Malang
– Jaringan Bantuan Hukum Jawa Timur

                                                                                        

Direktur Rumah Keadilan

Narahubung:
Farid Ramdani 085791090095
Nasrullah 085606867811
Jl.Kembang Kertas IV kav.9